//
you're reading...
Syubhat Tarekat Tijaniyyah

Syubhat Tarekat Tijaniyyah – Masalah 1

Pada lal 16, tertulis, Diceritakan bahwa Sayyid Muhammad bin Hamawi mimpi bertemu Allah dan membaca Al Quran dalam Qira’at Imam Warasy sehingga khatam, Allah berfirman kepadanya: Demikianlah Al Quran di turunkan.”

Tanggapan: Pertama kali membaca tulisan ini saya mengerutkan dahi dan berfikir, inilah awal kesyubhatan buku Tijaniyah yang ditulis oleh KH Sholeh Basalamah dan KH Drs. Misbahul Anam MT, dalam benak berfikir benarkah demikian?

Dalam Al quran Allah SWT berfirman : “Dan (kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa secara langsung.” ( An Nisa : 164).

Dalam sebuah hadist tentang peristiwa Isra’ dan mi’raj-pun nabi tidak  melihat Allah secara langsung karena terhalang oleh cahaya, tapi mengapa dalam buku Tijaniyah ini Pak Kyai menulis bahwa Sayyid Muhammad bin Hamawi mimpi bertemu Allah dan membaca Al Quran dalam Qira’at Imam Warasy sehingga khatam, Allah berfirman kepadanya: Demikianlah Al Quran di turunkan.” Tanpa meneliti terlebih dahulu kebenarannya?

Mimpi antara ruh yang telah meninggal dengan yang ruh yang masih hidup dalam mimpinya adalah suatu kemungkinan yang bisa terjadi jika Allah berkehendak, sebagimana nanti saya jelaskan dalam masalah “diseputar Mimpi bertemu Rasulullah”. Jika dikatakan seorang manusia mimpi bertemu Allah, hal tersebut benar-benar melampaui batas, karena diantara para Rasul yang pernah berbicara langsung kepada Allah adalah Nabi Musa, sedangkan Rasulluahpun ketika peristiwa mi’rajpun ttidak melihat Allah karena terhalang oleh cahaya.

Kesimpulan:

Adalah sesuatu yang wajib ditolak jika ada seseorang yang mengatakan mimpi bertemu Allah dan perbuatan tersebut adalah melampaui batas dan kedustaan.

Discussion

Comments are closed.

Boookmark Me

Bookmark and Share

Googlebot

SEO Monitor

Powered by  MyPagerank.Net

Readers

%d bloggers like this: